Posted on 25 Sep 2017
Beragam industri kecil di Pati memiliki potensi besar jika dikembangkan. Namun, diperlukan promosi kepada masyarakat luas agar usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Pati lebih dikenal di daerah lain.
Potensi produk seperti batik, kuningan, olahan ikan, olahan produk pertanian bisa semakin berkembang. Asalkan, beberapa pihak mendukung, seperti pemda, untuk memsarkan produk-produk Pati ke lokal dan lain daerah.
Sutrisno, salah satu ketua kluster kuningan mengaku, jika saat ini industri kuningan mulai lesu. ”Industri kuningan saat ini semakin lesu, sejak adanya krisis moneter dan daya beli masyarakat mulai berkurang menjadikan pengusaha mulai resah,” ucapnya.
Oleh karena itu, perlu promosi hingga ke luar daerah untuk memacu UMKM di Pati. Senada, Bukhari Wiryo Satmoko selaku perajin Batik Bakaran menyatakan, jika promosi produk Pati akan bisa berdampak positif.
Lewat promosi diharapkan bisa, mengenalkan produk kepada masyarakat yang belum mengetahui keunikan produk khas Pati. ”Pesanan batik Bakaran saat ini sudah mulai banyak dan dikenal masyarakat, baik lokal dan beberapa daerah seperti Jakarta, Surabaya dan Rembang. Namun, jika bisa dipromosikan ke beberapa tempat lain bahkan mancanegara, akan lebih baik,” ucapnya.
Para pelaku bisnis industri kecil berharap agar produk mereka bisa dikenal oleh masyarakat luas. Diharapkan, promosi bisa lebih digiatkan oleh pemda lewat berbagai even atau expo. Hal ini akan membuat produk khas Pati bisa dikenal dan diminati oleh banyak kalangan. (fn/FN/MK)