Posted on 30 Nov 2017
Perekrutan anggota Komunitas motor antik pati, Bastardos, tidak dilakukan secara asal. Selain melalui pendataan, setiap anggota Bastardos juga memiliki Kartu Tanda Anggota resmi dan langsung dari pengurus MACI Pusat. Hal itu berguna untuk menangani berbagai persoalan yang menjadi tanggung jawab bersama.
"Yang menjadikan Bastardos selalu eksis itu, keterikatan masing-masing anggota dengan club hanya satu persen. Jadi mereka bebas memiliki berbagai kegiatan di luar club. Kemudian juga dukungan keluarga, karena kalau pergi touring pasti lebih dari sehari," kata Sutiyono, salah satu anggota komunitas Bastardos.
Di antara sepeda motor yang dimiliki anggota Bastardos adalah BSA buatan Inggris 1948, 1953 dan 1956, Michles, tahun 1954 hingga 1956, AJS dan juga Trium tahun 1954 dan 1956. Ada juga sepeda motor DKW, buatan Jerman tahun 1954 dan 1961, juga Horex buatan Jerman Timur buatan tahun 1953 dan 1954.
Sepeda motor kuno tersebut, kata Sutiyono, merupakan rampasan perang era penjajahan. Namun karena tidak terawat, keberadaannya bahkan dijumpai di berbagai lokasi penjualan barang bekas atau rosok.
Namun bagi penggila sepeda motor tua, kendaraan bermotor yang tidak diproduksi lagi itu merupakan barang berharga.
Penunggang sepeda motor merek BSA tersebut mengaku penuh perjuangan lantaran saat pertama kali didapat, sepeda motor buatan Inggris 1948 miliknya, dalam kondisi rusak parah. Butuh waktu dua tahun hingga sepeda motor bisa dikendarai.
"Bapak saya dulu pernah punya DKW, sejak itu saya jadi mencintai motor tua. Untuk sparepart motor tua, juga terbilang awet. Kalau ganti misalnya piston dari pinton mobil. Kalau gigi, buat sendiri, sekarang sudah banyak mesin bubut," jelasnya.
Memiliki sepeda motor tua, kata Sutiyono, tidak ada ruginya. Sebagaimana investasi modal karena setiap tahun harganya selalu naik. Hal itu tentu sangat beralasan sebab populasinya tidak diproduksi sedangkan peminatnya semakin banyak.
"Motor tua itu, kalau tidak diopeni, dibeli orang luar negeri. Karena sekarang ini justru orang-orang luar negeri berburu di sini, untuk museum," jelasnya.
Di antara puluhan sepeda motor antik, seorang anggota Club Bastardos memiliki sepeda motor paling tua. Yakni Brook Superior, buatan Amerika tahun 1917 yang merupakan sepeda motor dengan spesifikasi mesin yang mengadopsi Jap. (fn/FN/MK)