Sejumlah Objek Wisata Ini Layak Dikunjungi Tapi Belum Terkelola Maksimal

Posted on 06 Agu 2017


Sejumlah Objek Wisata Ini Layak Dikunjungi Tapi Belum Terkelola Maksimal

 

TAMBAKROMO - Desa yang ada di Pegunungan Kendeng ini memiliki beberapa potensi wisata. Diantaranya Kedung Perahu, Kedung Kedawung, Kedung Kutug, Pondasi Penyanggah Jembatan zaman Belanda, Sumber Encek-Encek dan beberapa obyek lainnya.

Soewondo, Kasi Administrasi dan Umum Desa Larangan, Tambakromo mengaku, di daerah Pegunungan Kendeng ini, memiliki beberapa wisata yang layak dikunjungi.

Semisal Goa Lawa, obyek satu ini selain menyajikan pemandangan yang indah juga sering dimanfaatkan untuk kegiatan kemah siswa. Lokasinya hanya berjarak satu kilometer dari obyek wisata lain Kedung Kedawung maupun pondasi bekas buatan Belanda.

Namun Goa yang juga dikenal Larangan ini tidak ada yang mengelola. Hal ini karena belum ada dana untuk mengembangkan potensinya. Selain itu, pemuda desa setempat lebih memilih merantau daripada mengelola wisata.

Padahal Goa Lawa ini ketika musim penghujan pemandangannya indah. Di dalam goa ada air yang mengalir dari atas. Sementara itu, Gunawan perangkat desa lainnya juga menambahkan, sementara ini yang menjadi masalah ialah goa itu tidak ada airnya. Karena sedang musim kemarau.

Ditambah lagi, di dalam goa dipenuhi coretan tangan oleh orang yang tak bertanggung jawab. Sehingga hal ini bisa mengurangi keindahan dalam goa. Dilanjutkan, pemdes sudah pernah mengajukan lokasi itu menjadi wisata. Namun dari dinas terkait belum memberi kabar.

Untuk obyek wisata lainnya juga banyak yang belum terkelola maksimal saat musim kemarau ini. Minimnya air membuat kondisi beberapa obyek wisata jadi kering. (fn/FN/MK)