Goa di Kecamatan Kayen Ini Kian Diminati Wisatawan

Posted on 10 Agu 2017


Goa di Kecamatan Kayen Ini Kian Diminati Wisatawan

KAYEN – Obyek wisata Goa Pancur di Kecamatan Kayen kini kian menyedot minat wisatawan.  Ahmad Najib, salah satu pengelola wisata Goa Pancur mengungkapkan, setelah ditata dengan baik Goa Pancur mampu menarik wisatawan dari Pati maupun luar daerah. ”Kalau dulunya kumuh dan tidak tertata dengan rapi, jadi wajar kalau mereka enggan ke sini. Sekarang wisatawan dari mana saja penasaran,” ungkapnya.

Najib menyebutkan, upaya penataan dan pengelolaan Goa Pancur secara serius ini pada 2014 lalu. Selain menata secara keseluruhan, kebersihan juga jadi prioritas penting agar pengunjung merasa nyaman.

”Penataan tempat ini selain dari dana retribusi parkir di Goa Pancur, juga dari para donatur khususnya teman-teman yang ada di perantauan. Selain kita selalu berkoordinasi dengan pemerintah terkait yaitu dinas terkait,” sebutnya.

Dinas memberikan bantuan berupa akses jalan menuju Goa Pancur dengan jarak 3 kilometer dari jalan raya Kayen menuju obyek wisata Goa Pancur. Ini sangat mempermudah sekali bagi wisatawan yang mau berkunjung di obyek wisata tersebut.

Meningkatnya animo masyarakat dalam mengunjungi Goa Pancur bisa dirasakan.Dulu jumlahnya ratusan orang, kalau sekarang mencapai ribuan orang. Bahkan pada lebaran kemarin jumlahnya sangat membludak hingga mencapai 6000 ribu pengunjung.

Ana, pengunjung dari Desa Sumbersari mengatakan, sekarang lebih enak, terlihat indah dan tertata dengan rapi. ”Ada danau buatan, danau ini informasinya sudah 18 tahun terbengkalai dan sudah 2 tahunan ini danaunya diaktifkan kembali dan dikembangkan seperti ada perahunya,” terang Ana. (fn/FN/MK)