1.670 Jamaah Haji Pati Mulai Menuju Tanah Suci

Posted on 08 Agu 2017


1.670 Jamaah Haji Pati Mulai Menuju Tanah Suci

KOTA – Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pati, telah merilis jadwal resmi keberangkatan jamaah haji untuk Kabupaten Pati. Kloter pertama untuk jamaah haji Pati yang keberangkatannya melalui embarkasi Solo, mulai berangkat ke tanah suci pada Rabu (9/8).

Kepala Kemenag Pati Ahmad Mundakir melalui Staf Haji M. Juned mengatakan hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan persiapan sebelum pemberangkatan haji. Hingga data sementara ini dihimpun, akan ada sebanyak 1.670 jamaah haji yang berangkat ke tanah suci.

“Akhir Mei kemarin, pembukaan orientasi manasik haji telah dilakukan untuk memberikan bimbingan kepada para calon jamaah,”imbuhnya.

Pihaknya juga mengaku telah menyelesaikan paspor dan mengirimkannya ke Kantor Wilayah Kemenag Jawa Tengah. Terutama untuk kesiapan dalam proses pemvisaan di Kedubes Arab Saudi yang ada di Jakarta. Namun dari jumlah 1.670 itu, ada kemungkinan berkurang seperti calon jamaah yang meninggal dunia meski telah melakukan pelunasan.

“Kemungkinan itu ada. Kalau saat ini kami juga mendengar adanya jamaah yang meninggal lagi namun belum dilaporkan secara resmi,”imbuhnya.

Lebih lanjut, tahun ini jamaah asal Pati dijadwalkan berangkat dalam enam kloter, yang merupakan kloter 39,  88,89, 90, 91, dan 92. Sedangkan untuk kloter 88 dan 91 merupakan kloter yang digabungkan dengan daerah lainnya.

Untuk kloter 39 yang menjadi pemberangkatan pertama, diberangkatkan pada Selasa (8/8) untuk menuju ke asrama haji. Kemudian pada Rabu (9/8) barulah berangkat ke tanah suci.

“Untuk kloter 88 yang merupakan gabungan dengan Blora diberangkatkan ke asrama pada Selasa (22/8) dan berangkat ke tanah suci pada Rabu (23/8). Sedangkan untuk kloter 89,90,91 dan 92 nantinya akan berangkat ke asrama haji pada Kamis (24/8) mendatang,” ujarnya. (fn/FN/MK)